This website works best with JavaScript enabled
BT Education 2 - шаблон joomla Создание сайтов

Tempe Production Process in RTI 

Forum Survey 

How Many Times Do You Eat Tempe in a Week?

Tempe segar memiliki masa simpan yang singkat, yaitu sekitar 1-2 hari pada suhu ruang (tanpa mesin pendingin). Hal tersebut dikarenakan kadar air yang cukup tinggi dan adanya kapang yang terus memecah komponen gizi pada tempe menjadi senyawa-senyawa sederhana, seperti amoniak akibat hidrolisis protein yang berlebihan.

Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, IPB, Prof Made Astawan, mengatakan tanaman pangan lokal Indonesia secara alami mengandung berbagai komponen bioaktif, yang berkhasiat untuk kesehatan.

Tempe masih menjadi makanan khas Indonesia yang digemari siapapun hingga kini. Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) Made Astawan pun mengungkapkan Indonesia tak perlu malu untuk meneliti tempe.

Tempe merupakan produk fermentasi kacang kedelai oleh kapang Rhizopus oligosporus. Tempe dibuat dengan proses yang unik, ditemukan beberapa abad lalu oleh nenek moyang Indonesia. Tempe sekarang sudah sangat dikenal oleh banyak penduduk di beberapa negara.  Bukti sejarah menunjukkan bahwa tempe dengan bahan dasar kedelai merupakan produk fermentasi yang pertama kali dibuat oleh masyarakat Jawa Tengah dan sudah biasa dikonsumsi sejak tahun 1700-an.

KOPTI (Koperasi / Asosiasi Tempe dan Tahu Produsen) Cabang Gunung Kidul, Yogyakarta telah mengembangkan Rumah Produksi Tempe Percontohan yang disebut Rumah Tempe Indonesia (RTI) Gunung Kidul. Rumah Tempe Indonesia (RTI) ini terletak di KOPTI Kantor Gunung Kidul, Yogyakarta. Pembentukan Rumah Tempe Indonesia (RTI) ini diprakarsai dan didukung oleh Mercy Corps International Indonesia dan Forum Tempe Indonesia. Mereka terinspirasi oleh KOPTI Bogor dengan yang Rumah Tempe Indonesia (RTI) yang berfungsi sebagai pusat pembelajaran bagi anggota KOPTI dan produsen tempe lainnya di daerah sekitarnya.

#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #f_syc9 #eef12086 #150714100123